Sunday, November 22, 2015

Penghargaan Lingkungan Hidup

1. Adipura
Adipura identik dengan penghargaan untuk kota-kota di bumi pertiwi yang sukses mengelola lingkungan dan menjaga kawasan mereka tetap bersih. Penghargaan Adipura secara pertama kali diberikan pada tahun 1986, namun sempat terhenti sejenak pada 1998 hingga 2002. Hal itu imbas dari terjadinya reformasi.
Terdapat 4 kategori; yakni kota metropolitan dimana penduduk kota tersebut lebih dari 1 juta jiwa. Kota besar, dengan penduduk rata-rata 500 ribu keatas hingga 1 juta jiwa. Kota sedang, yaitu dengan penduduk rata-rata 100 ribu ke atas hingga 500 ribu jiwa serta kota kecil, dengan jumlah penduduk rata-rata 100 ribu jiwa.



2. Adiwiyata
Tak hanya kota, penghargaan untuk lingkungan hidup juga terjadi di tingkat sekolah. Adalah Adiwiyata, penghargaan ini diberikan khusus kepada sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA di seluruh Indonesia.
Adi yang diartikan sebagai ungkapan agung, baik dan sempurna. Ditambah kata Wiyata yang artinya tempat orang menuntut ilmu pengetahuan sesuai norma dan etika dalam berkehidupan bisa membuat siswa-siswi terpacu serta bertanggung jawab dan cinta terhadap lingkungan hidup.



3. Kalpataru
Selain kota dan sekolah, pengiat lingkungan hidup dari kelompok maupun perorangan juga bisa mendapatkan penghargaan. Dinamakan Kalpataru, penghargaan ini dibagi dalam empat kategori yakni; pengabdi lingkungan (petugas lapangan atau pegawai negeri), perintis lingkungan (diperuntukkan bagi warga negara Indonesia/perseorangan, bukan tokoh organisasi formal/pegawai negeri sipil), pembina lingkungan dan penyelamat lingkungan (diperuntukkan bagi pejabat, peneliti, pengusaha serta tokoh masyarakat).

Kalpataru diberikan pertama kali pada tahun 1981. Nama Kalpataru sendiri diambil dari bahasa sanskerta “kalpataru” atau “kalpawreksa” yang mempunyai arti pohon kehidupan. Penggunaannya terinspirasi oleh relief Kalpataru yang terdapat di dinding candi-candi di Indonesia seperti di candi Mendut dan Prambanan.





Sumber : http://undas.co/2015/06/mengenal-3-jenis-nama-penghargaan-lingkungan-hidup-di-indonesia/

2 comments: